Siapakah Dibalik Suksesnya Bitcoin?

 


Meski penggunaannya mulai diminati di Indonesia, masih ada banyak orang yang tidak memahami mata uang Bitcoin. Maklum, Bitcoin adalah mata uang virtual dan tidak berwujud seperti kertas atau lembaran logam seperti alat transaksi secara umum. Membuat orang bertanya-tanya siapakah dibalik suksesnya bitcoin?

Pemilik Bitcoin dapat melakukan transaksi melalui berbagai perangkat elektronik seperti komputer selama mereka terhubung ke Internet. Keunikan Bitcoin tidak hanya terletak pada penggunaannya tetapi juga pada penemuannya.Hal ini membuat orang bertanya siapakah dibalik suksesnya bitcoin?

Siapakah Dibalik Suksesnya Bitcoin?

Sebelum kita mencari tahu siapakah dibalik suksesnya bitcoin, kita cari tahu dulu apa itu Bitcoin. Berbicara tentang definisi, secara umum Bitcoin adalah mata uang virtual yang memungkinkan orang untuk melakukan transaksi keuangan secara langsung menggunakan perangkat elektronik tertentu.

Untuk detail lebih lanjut, Bitcoin bukan mata uang khusus di suatu negara atau bank. Nilai mata uang hanya ditentukan berdasarkan penggunaannya dan pasar valuta asing (valuta asing). Penerbitan Bitcoin dilakukan melalui kode komputer gratis dan jumlahnya tidak boleh melebihi 21 juta untuk mencegah munculnya kebijakan inflasi. Bitcoin juga tidak memiliki pusat operasi seperti bank untuk memegang catatan transaksi.

Selanjutnya, sebagai mata uang virtual, Bitcoin disimpan dalam bentuk file digital atau dikenal sebagai file dompet yang sangat berisiko terhadap tindakan peretasan oleh peretas. Alasannya adalah, file dompet mirip dengan fungsi dompet penyimpanan tunai.

File dompet yang disimpan pada hard disk peralatan elektronik juga sangat rentan terhadap kerusakan. Namun, catatan akun masih direkam dalam jaringan bitcoin acak di komputer. Selain itu, sistem kriptografi digunakan Bitcoin untuk melakukan pembayaran antara dua pihak.

 Pengiriman Bitcoin juga dapat dilakukan langsung antara penjual dan pembeli atau melalui pihak ketiga seperti PayPal. Selain itu, bitcoin juga dapat ditukar dengan mata uang konvensional seperti euro, dolar dan lainnya. Tetapi pertukaran hanya dapat dilakukan melalui jaringan internet seperti MTGOX.



Seperti mata uang lainnya, Bitcoin juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu keunggulannya adalah peran Bitcoin sebagai mata uang yang sangat kecil yang dipengaruhi oleh pemalsuan. Bitcoin dapat bertindak sebagai pelindung dari tingkat inflasi. Bitcoin juga dapat menekan tingkat inflasi yang berlebihan.

Meskipun masing -masing negara sudah memiliki mata uang sendiri, Bitcoin masih dapat menghadiri dan memasuki sistem keuangan di negara mana pun. Bitcoin tidak tahu batas -batas negara, tidak terguncang karena kondisi politik dalam pemerintahan, dan tidak terpengaruh oleh apa pun.

Kelemahan pertama bitcoin adalah nilai mata uangnya yang tidak stabil. Bitcoin adalah mata uang spekulatif. Meskipun saat ini tidak banyak perusahaan menawarkan pembelian dan penjualan produk dengan Bitcoin sebagai alat pembayaran. Selain itu  adanya potensi kehilangan dokumen (file tersebut dilanda virus atau diretas)

Risiko lain yang harus ditanggung oleh pemilik Bitcoin adalah sirkulasi yang tidak dikendalikan oleh pemerintah atau lembaga keuangan resmi. Akibatnya, kondisi ini membuka peluang besar untuk melakukan tindakan kriminal seperti pencucian uang dan penghindaran pajak.

Kurangnya kontrol pemerintah juga membuat Bitcoin terlihat tidak berharga. Selain itu, beberapa pengamat keuangan menganggap Bitcoin sebagai mata uang ilegal karena tidak didorong oleh undang -undang yang sah di mata hukum.

Seperti mata uang secara umum, Bitcoin juga dirasakan memiliki unit khusus dalam disebutkan. Ada banyak diskusi yang diadakan oleh aktivis Bitcoin untuk membuat unit untuk Bitcoin. Sampai sekarang, penggunaan bitcoin digunakan dengan batas unit 8 desimal.

Setalah kita mengetahui, mari kita mencari tahu siapakah dibalik suksesnya bitcoin. Sampai sekarang diskusi tentang siapakah dibalik suksesnya bitcoin akan mengarah ke satu nama, yaitu Satoshi Nakamoto. Dinamai tetapi tidak berwujud tampaknya sangat tepat untuk menggambarkan pemilik nama Satoshi Nakamoto yang masih menjadi misteri sampai sekarang.

Betapa tidak, sampai sekarang, penemu yang dikatakan sebagai Satoshi Nakamoto masih menjadi misteri. Beberapa peneliti mencoba mengungkap rahasia di balik nama dan hanya menemukan jalan buntu. Meskipun dia telah diminta menjadi miliarder karena transaksi Bitcoin -nya, pemilik nama Satoshi Nakamoto tidak pernah menunjukkan hidungnya kepada publik. Hal ini hingga saat ini membuat orang bertanya siapakah dibalik suksesnya bitcoin.

Tidak ada catatan tentang identitas Nakamoto atau rekaman penciptaan Bitcoin. Tetapi dalam profilnya di situs web P2P Foundation, Nakamoto mengklaim dia adalah pria 38 tahun yang tinggal di Jepang.

Ini tentu sangat aneh melihat keahliannya dalam bahasa Inggris dan sering menggunakan ejaan Amerika Serikat yang sangat tebal dalam tulisannya. Terlebih lagi, perangkat lunak Bitcoin tidak didokumentasikan dan diberi label dalam bahasa Jepang.

Selain itu, format bahasa Inggris yang ditulis dalam karyawannya menunjukkan bahwa Nakamoto memang pria Inggris. Para peneliti percaya, Nakamoto adalah nama seseorang atau kelompok dan berusaha menipu publik dengan berbagai penyamaran.

Tetapi peluncuran pertama dari spekulasi penyebaran perangkat lunak Bitcoin bahwa penciptaannya tidak hanya dimungkinkan oleh satu orang dan merupakan upaya kolaboratif bersama. Spekulasi membuat Satoshi Nakamoto diduga bukan nama satu orang tetapi sebagai sekelompok orang yang menciptakan Bitcoin.


Post a Comment

Previous Post Next Post