Apa Itu Crypto dan Apa Keuntungannya? Ini Penjelasannya



cakdolan.comBerinvestasi sejak dini memang dilakukan dengan tujuan untuk persiapan di masa yang akan datang. Dapat dikatakan jika investasi ini dijadikan sebagai tabungan. Adapun cara berinvestasi dapat dilakukan melalui uang crypto. Lantas apa itu crypto? Memang masih banyak orang yang kurang mengetahui pengertian dari investasi crypto tersebut.

Perlu diketahui, jika investasi crypto ini memang dapat dikatakan sedang naik daun utamanya di kalangan anak milenial. Tidak heran jika banyak yang memanfaatkan investasi ini untuk menabung untuk masa depan. Nantinya, seseorang bisa menanamkan modal yang dimiliki dengan secara digital untuk memperoleh keuntungan yang berlipat.

Apa Itu Crypto?

Seperti yang dijelasakan sebelumnya jika investasi ini memang belum banyak yang mengetahuinya. Apa itu crypto? Pengertian crypto adalah sebuah mata uang yang bersifat digital yang dijamin oleh cryptography. Dengan adanya jaminan tersebut tentu tidak dapat lagi dipalsukan sehingga mengurangi terjadinya penipuan seperti yang marak terjadi.

Nantinya pencatatan semua kegiatan transaksi yang dilakukan oleh investor akan tersimpan pada sebuah blockchain. Dimana media blockchain ini sendiri sudah tersebar begitu luas yakni antara satu komputer dengan komputer yang lain. Selain itu, sudah pula terkoneksi dalam satu jaringan tersebut yang dapat dikatakan sudah tersebar luas.

Dengan kata lain, penyebaran media ini bukan hanya terpusat dalam satu tempat saja, namun banyak tempat. Istilah yang digunakan untuk kegiatan ini dinamakan desentralisasi. Pengertian apa itu crypto yang lebih sederhana yakni sebagai mata uang digital yang digunakan bertransaksi tanpa pihak ketiga. Memang proses transaksi ini dilakukan antar pengguna saja.

Dalam proses transaksi tersebut tentu akan berlaku yang namanya hukum penawaran dan permintaan. Apabila banyak investor yang menanamkan modal di cryptocurrency ini maka nilai mata uang tersebut tentu semakin tinggi. Bahkan di Indonesia, aset kripto dianggap sebagai emas digital yang sudah memperoleh legalitas hukum dari BAPPEBTI.

Adanya sebuah legalitas hukum dari BAPPEBTI ini tentu menambah kepercayaan untuk investor sehingga memilih mata uang crypto untuk invetasi. Memang mata uang kripto ini berlaku di berbagai negara sehingga dapat dengan mudah jika ingin melakukan transfer. Kemudahan ini tentu menjadi alasan investor memilih investasi ini.

Keuntungan Menanamkan Modal Crypto

Setelah mengetahui apa itu crypto, tentu ada keuntungan dari investasi ini. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh investor apabila melakukan penanaman modal di invetasi crypto. Adapun keuntungan yang dimaksud seperti bersifat digital, peer-to-peer, dan lain-lain. Untuk itu, berikut penjelasan terkait dengan keuntungan menggunakan crypto:

Bersifat Digital

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa investasi mata uang kripto ini dikategorikan mata uang digital. Dengan artian bahwa mata uang ini hanya berlaku di komputer sehingga tidak bisa dilihat dalam bentuk fisik. Memang tidak dapat dilihat dan dipegang secara fisik seperti mata uang pada umumnya yang dipegang sehari-hari oleh manusia.

Namun hal menarik yang dimiliki oleh mata uang digital ini karena seseorang bisa menjual uang tersebut. Bukan hanya menjualnya saja namun juga dapat ditukar dengan uang biasa atau disebut sebagai uang fiat. Dengan begitu, seseorang bisa menarik uang tersebut kapan pun sesuai keinginan dalam mata uang rupiah tentunya.

Peer-to-peer

Nah, mata uang ini memang dapat digunakan sebagai mata uang untuk melakukan transaksi. Akan tetapi kegiatan transaksi yang dilakukan ini hanya satu orang saja ke orang lainnya dengan secara online tentunya. Dengan begitu, investor dapat melakukan transaksi tanpa adanya pihak ketiga. Maksudnya, transaksi yang dilakukan langsu ke orang yang bersangkutan.

Nantinya proses transaksi yang dilakukan pun bisa menggunakan jaringan yang lebih dikenal dengan sebuah istilah. Dimana istilah yang dimaksud ini dinamakan blockchains. Melalui jaringan ini tentu tidak memerlukan sebuah perantara. Tanpa adanya perantara ini dapat juga disebut sebagai desentralisasi dan memberikan pengaruh yang begitu penting untuk investasi ini.

Bersifat Global

Untuk keuntungan ini sangat sesuai dengan pengertian apa itu crypto. Dimana pengertian tersebut menyatakan bahwa investasi crypto ini bersifat internasional atau berlakunya investasi ini ada di setiap negara. Olehnya itu, proses transaksinya pun dapat dilakukan dengan bebas oleh antar pengguna dan tidak lagi memikirkan adanya sebuah kurs.

Hal ini tentu begitu disenangi oleh banyak orang atau investor karena bisa melakukan  transfer uang antar negara. Proses transaksinya terlebih dahulu akan masuk ke rekening bank yang dimiliki. Setelah itu, uang rupiah yang dimiliki akan ditukar ke mata uang negara tujuan. Nantinya uang yang sudah ditukar berdasarkan negara tujuan sudah bisa ditransfer melalui bank sentral.

Demikian penjelasan lengkap terkait dengan apa itu crypto? Memang pengertian dari crypto ini sebagai mata uang yang dapat diinvestasikan dan dapat pula ditransfer. Selain itu, ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh investor yang memilih investasi ini. Jadi, tidak heran jika investasi crypto termasuk aset yang populer dijadikan tabungan masa depan.


Post a Comment

Previous Post Next Post