Wajib diketahui, Mengenai Apa itu Investasi Saham!



    Belakangan ini, orang-orang ramai membicarakan investasi saham. Namun banyak dari pembahasan tersebut yang malah menjadikan salah kaprah dalam pemahamannya. Ditambah dengan banyaknya platform yang menawarkan investasi bagi yang masih nol pengetahuannya dalam berinvestasi saham bahkan bagi para pelajar sekalipun. Dalam hal demikian, ada hal yang perlu diketahui lebih lanjut, bagi pemula yaitu tentang pengertian lebih mendalam berkenaan dengan ap aitu investasi saham. 

Apa itu investasi saham? 

    Sebelum berlanjut dalam mengenal apa itu investasi saham, terlebih dulu kalian perlu  mengetahui pengertian atau makna dari saham itu sendiri. Mendengar kata saham, yang teringat di kepala kita adalah tentang pasar modal. Namun, dari hal tersebut apakah kita benar-benar paham secara utuh apa itu saham yang sebenarnya? 

Saham 

    Ada beberapa rujukan pengertian mengenai saham. Dalam pengertian lebih dalam, KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), mnengartikan saham sebagai hak yang dimiliki setiap pemegang saham terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagi dalam pemilikan dan pengawasan. 

    Sedangkan menurut OJK (Otoritas Jasa Keuangan), saham adalah bukti suatu kepemilikan atau bagiah modal suatu perseroan terbatas yang bisa diperjualbelikan, baik dalam pasar modal atau di luar pasar modal yang merupakan klaim atas penghasilan dan aktiva sebuah perusahaan. 

     Sederhananya, saham merupakan dokumen yang menjadi bukti bagi seseorang memiliki bagian modal suatu perusahaan, dan orang tersebut memiliki hak atas sebagian asset perusahaan atau sesuai dengan saham yang ia miliki. 

    Pada praktik investasi, banyak masyarakat yang masih awam dengan istilah tersebut. Kurangnya pemahaman masyarakat mengenai apa itu investasi saham dapat menyebabkan salah kaprah dalam praktiknya. Investasi sendiri merupakan sebuah aktivitas penanaman modal agar dapat ditarik di masa depan dengan nilai yang lebih besar. Melalui investasi ini, seseorang berharap nilai dari suattu asset akan meningkat seiring berjalannya waktu. Lalu apa itu investasi saham?  Berikut adalah penjelasannya.

Investasi Saham 

    Banyaknya minat dalam berinvestasi, edukasi tentang apa saja instrument yang bisa dijadikan sebagai investasi dan pemahaman mengenai apa itu investasi saham itu sendiri menjadi sangat penting. 

    Secara umum, investasi dengan instrument apapun dilakukan untuk mengembangkan sebuah asset. Investasi saham merupakan aktivitas penanaman modal dalam bentuk penyertaan sejumlah dana oleh seseorang atau badan usaha yang memiliki klaim atas asset dan penghasilan perusahaan serta berhak menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). 

    Sehingga, ketika kalian melakukan investasi saham, kalian akan mendapat keuntungan terhadap modal awal yang digunakan untuk membeli saham dari satu perusahaan ataupun lebih. Modal yang kalian salurkan ini, adalah sebagai pendukung keperluan dalam peningkatan ekonomi pada suatu perusahaan atau perseroan. Keuntungan yang didapat dari peningkatan ekonomi inilah yang nantinya akan dibagi kepada para penanam modal atau investor saham.

    Setelah kalian mengetahui apa itu investasi saham, sebagai bahan pertimbangan kalian dapat mengetahui bagaimana keuntungan da juga resiko atau kerugian yang nantinya akan didapatkah ketika kita menjalankai iivestasi. Hal ini perlu diketahui karena dalam praktiknya, aktivitas perdagangan saham mengalami fluktuasi naik turun yang disebabkan adanya permintaau serta penawaran atas saham tersebut. Berikut ini merupakan penjabaran dari keuntungan dan kerugian investasi saham :

Keuntungan Investasi Saham 

    Setelah mengetahui apa itu investasi saham, kalian perlu mengetahui apa saja keuntungan yang akan kita dapatkan ketika kita berinvestasi.

Akan Mendapat Dividen 

    Dividen merupakan pembagian laba perusahaan kepada investor atau pemegang saham berdasarkan banyaknya jumlah saham yang dimiliki. Dividen akan dibagikan dalam bentuk uang tunai atau saham. Jumlah dividen yang akan dibagikan diusulkan oleh Dewan Direksi perusahaan dan disetujui dalam RUPS.

Capital Gain 

    Keuntungan ini didapatkan investor ketika menjual saham dengan harga yang lebih tinggi dari harga belinya. 


Resiko Investasi Saham 

Dalam praktiknya seringkali pasar dagang saham tak semulus apa yang diharapkan. Ada beberapa kerugian atau resiko yang harus didapatkan seorang investor seperti pada dibawah ini :

Tidak Mendapatkan Dividen 

Seorang investor tidak akan mendapatkan laba atau dividen tadi karena sebuah perusahaan mengalami penurunan kinerja atau merugi. Sehingga perusahaan tidak dapat membagikan keuntungan kepada para investor. 

Likuidasi

Ketika sebuah perusahaan dikatakan bangkrut atau telalh merugi, maka para investor dapat mengklaim hak terakhir terhadap aktiva perusahaan setelah seluruh kewajiban perusahaan dibayarkan. Ketika tidak ada lagi aktiva yang tersisa, maka investor tidak akan mendapatkan apapun.

Capital Loss

Hal ini merupakan kebalikan dari Capital Gain. Yang mana ketika kita menjual saham, kita mendapat harg ayang lebih rendah dari harga belinya. 

Saham dihapus dari BEI

Saham dihapus dari pencatatannya dari Bursa (delisting), sehingga Daham tidak menjadi likuid atau tidak bisa diperdagangkan.


Itulah penjelasan mengenai ap aitu investasi saham dan hal penting lainnya yang perlu kalian ketahui sebelum berinvestasi. 

Post a Comment

Previous Post Next Post